GUGUS 17 KERAMAT

Gugus Sekolah 17, Jl. PHH. Mustofa No. 46 Kota Bandung, Telp (022) 7203489 - 73445059 E-mail:gugussekolah17@gmail.com.$MOTO: KeRaMaT=Kerja niatnya ibadah * Rachmat dan Ridlo Allah yng diharap* Martabat guru jadi meningkat* Teknologi Informasi medianya$

Selasa, 04 Oktober 2011

bila jam mengajar kurang 24 jam perminggu

BEBAN KERJA  GURU  PAI KURANG 24 JAM?
membimbing ekskul solusinya!!

                                                                Alhamdulilah, Ya Allah!

Dengan terbitnya PERATURAN DIREKTUR JENDRAL PENDIDIKAN ISLAM nomor:DJ.I/12A TAHUN 2009 tentang PENYELENGGARAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH,  maka  guru PAI tak perlu risau kekurangan jumlah jam mengajar. Kekurangan jam mengajar di antaranya dapat dipenuhi dengan membimbing ekskul.

Jenis ekskul yang dapat dilaksanakan adalah:
1. SANLAT  (pesantren kilat)
2.  SALAM  (pembiasaan akhlak mulia)
3.  TBTQ  (tuntas baca tulis al-Quran)
4.  IRAMA  (ibadah ramadhan)
5  .WISROH  (wisata rohani)
6.  ROHIS   (kegiatan rohani islam)
7.  PENTAS  (pekan keterampilan dan seni) PAI

CONTOH PERHITUNGAN
Sutarwan, SAg(umpama), guru PAI SD, setiap hari Selasa dan Sabtu membimbing kegiatan TBTQ, masing-masing selama 70 menit di luar jam intrakurikuler. Dengan demikian, maka kegiatan membingbing TBTQ yang dilaksanakan Sutarwan,Sag adalah 140 menit, sehingga dapat diperhitungkan setara dengan 4 jam pelajaran dalam satu minggu untuk memenuhi beban kerjanya.

Kalau masih kurang, tambah lagi dengan membimbing PEMBIASAAN AKHLAK MULIA (tadarusan, misalnya), setiap hari Senin s.d Sabtu masing-masing selama 15 menit sebelum kegiatan KBM. Dengan demikian, maka kegiatan membimbing Pembiasaan Akhlak Mulia yang dilaksanakan seminggu selama 90 menit (6x 15 menit), sehingga dapat diperhitungkan setara dengan 2,5 jam pelajaran satu minggu.

Jenis  Ekstrakurikuler, jadual waktu pelaksanaan, perhitungan jumlah jam pelajaran perminggu, dan nama guru PAI yang ditugaskan  harus di SK-kan oleh Kepala Sekolah.

Untuk lebih jelasnya, plis deh baca aja langsung PERDIRJEN PENDIDIKAN ISLAM no:DJ.I/12A tahun 2009 tanggal 8 Januari 2009.
Demikian, smg menjadi tahu.
Sutarwan g17,selasa4102001.

Tidak ada komentar: