GUGUS 17 KERAMAT

Gugus Sekolah 17, Jl. PHH. Mustofa No. 46 Kota Bandung, Telp (022) 7203489 - 73445059 E-mail:gugussekolah17@gmail.com.$MOTO: KeRaMaT=Kerja niatnya ibadah * Rachmat dan Ridlo Allah yng diharap* Martabat guru jadi meningkat* Teknologi Informasi medianya$

Senin, 10 Oktober 2011

pendidikan karakter


SDS PELITA
MEMBANGUN KARAKTER                      MELALUI PEMBIASAAN

Jalan Citamiang 43, pukul 12.15 waktu sd pelita, anak-anak kls 3  berbaris tertib disiapkan oleh salah satu siswa yang bertugas membariskan kawan-kawannya hari itu. Memang hari ini mereka giliran masuk siang.

Drs.Osa mengajak ortu membangun mushola

 Secara bergiliran tiap hari "KM"nya ganti-ganti. Bertugas membariskan temannya, memimpin doa, dan menyiapkan keperluan belajar hari itu.
"Ini merupkan pembentukan karakter disiplin, akhlak mulia, budaya antri, dan menciptakan pemimpin.
 Pemeriksaan keberesihan tangan dan kuku dilaksanakan  setiap hari Senin. Hari lainnya yang diperiksa keberesihan gigi, telinga, pakaian, dan kerapihan rambut.
Kegiatan ini untuk membiasakan hidup bersih.
Bu Guru ga bisa kesiangan, karena harus menyambut siswanya. Hal ini menimbulkan kebiasaan disiplin.

 Ini, kuku yang panjang dibersihkan ya!!!
. Kuku yang kotor bisa menjadi sarang kuman lho..!!

Ada kebiasaan baik yang dikembangkan oleh SDS PELITA untuk  menumbuhkan disiplin yaitu dengan berbaris sebelum masuk kelas.  Dalam berbaris juga ditanamkan budaya antri. Selain itu budaya sehat pun ditanamkan melalui pemeriksaan keberesihan kuku, ini dilaksanakan oleh guru.

Menjadi pemimpinpun dilatihkan di sd ini, dengan cara mengatur petugas yang menyiapkan barisan. Dengan demikian seluruh siswa pernah mengalami menjadi pemimpin.

Drs.OSA, kepala SDS PELITA berupaya memanfatkan sarana yang ada, walaupun minim. Sudah bertahun-tahun di dekat WC ada gudang “bubututan”. 
Atas bantuan infak dari orangtua murid,maka gudang  bubutan tersebut dialihfungsikan menjadi MUSHOLA dan RUANG GURU.
Pak Ahmad memanfaatkan ruang guru

Hayu urang sholat, tapi giliran ya...!?!

Sebelumnya, guru di SD PELITA tidak memiliki ruang guru. Sehingga ketika istirahat tiba mereka tetap berada di kelas di meja guru. Sekarang dengan adanya ruang guru tersebut komunikasi antar guru akan terjalin dengan baik.

Ayo SD Pelita berikan pelayanan yang baik agar tumbuh kepercayaan yang lebih besar lagi dari orang tua.!!**psG17**

2 komentar:

SDI Al-Azhar 36 Bandung mengatakan...

Masukan Pa...selain pemeriksaan kuku untuk kesehatan dicoba dengan yg lain yaitu pass word pelajaran sebelum masuk...lumayan untuk mengingatkan kembali pelajaran yg sudah mereka pelajari....

SDS PELITA CITAMIANG 43 mengatakan...

Hatur nuhun ide na... insya Allah ku abdi di aplikasikan.